~ Where Fantasy meets Brotherhood ~


You are not connected. Please login or register

Satu Negara Keberatan Timor Leste Gabung ASEAN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Satu Negara Keberatan Timor Leste Gabung ASEAN on Sun May 29, 2011 11:49 am

surya75

avatar
Captain
Captain
NUSA DUA, KOMPAS.com — Keinginan Republik Demokratik Timor Leste bergabung menjadi anggota ASEAN tahun ini sepertinya belum akan terwujud. Satu negara anggota ASEAN sampai saat ini masih keberatan dengan bergabungnya bekas provinsi ke-27 RI itu ke dalam ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Kompas seusai bertemu Menteri Luar Negeri Timor Leste Zacarias Albano da Costa di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri Ke-16 Gerakan Nonblok di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Senin (23/5/2011).

Menurut Marty, mayoritas negara anggota ASEAN sudah menyetujui bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ke-11 perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara tersebut. Namun, kata Marty, masih ada satu negara anggota ASEAN yang keberatan dengan rencana tersebut. Marty tidak bersedia menyebutkan nama negara tersebut. Ia hanya mengatakan, negara tersebut adalah salah satu negara besar di ASEAN.

"Satu negara besar masih keberatan," tutur Marty.

Alasan keberatan tersebut, lanjut dia, adalah kekhawatiran apabila Timor Leste sebagai negara termuda di Asia Tenggara masuk menjadi anggota ASEAN sekarang, pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015 akan terganggu.

Timor Leste resmi merdeka pada 20 Mei 2002. Sebelumnya, wilayah negara tersebut merupakan wilayah Provinsi Timor Timur, provinsi ke-27 Republik Indonesia. Timor Timur melepaskan diri dari RI setelah penentuan pendapat 1999. Saat ditanya apakah negara besar anggota ASEAN yang tidak setuju dengan bergabungnya Timor Leste itu adalah Indonesia, Marty menukas, "Oh, bukan! Kita justru sangat mendukung Timor Leste menjadi anggota ASEAN!"


Ayoooo..................tebak Negara manakah itu ??

babura

avatar
Captain
Captain
siapa ya?
kalo RI yg ngomong gitu, Menlu kita malah udah ketemu ma Menlu nya..
lagian emang Timor Leste udah lepas dari RI toh..

pasti bukan RI..

tapi siapa?

toede

avatar
Captain
Captain
Kalo Bahasanya negara besar di ASEAN, kalo diliat dri wilayah dan penduduk kan Indonesia,Malaysia,Thailand. Berarti salah satunya

surya75

avatar
Captain
Captain
masih agak kabur alasannya....katanya mengganggun stabilitas Komunitas ASEAN 2015, hubungannya apa ya ??

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Similar topics

-

» Lounge Perkenalan

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik